Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Sosis Saus Asam Pedas dengan Mudah dan Enak

Sosis Saus Asam Pedas

Resep Sosis Saus Asam Pedas

Hari ini kebetulan belum sempat masak karena stok kulkas kosong, akhirnya iseng masak sosis saus asam pedas (soalnya cuma stok frozen food yang masih ready, hehe). Resepnya simple banget dan pasti gampang kalau mau direcook.

Memikirkan hidangan lezat yang satu ini menggugah selera ya? Jika Anda mencari makanan yang menggabungkan rasa pedas, asam, dan manis dalam satu suapan, tidak ada yang lebih baik daripada sosis saus asam pedas. Dalam artikel ini, kami akan membahas resep yang lezat ini dan memberikan semua informasi yang Anda butuhkan untuk membuat hidangan ini di rumah.

Sosis Saus Asam Pedas: Sejarah dan Asal Usulnya

Sebelum kita membahas rinci tentang resepnya, mari kita pelajari sejarah dan asal usul sosis saus asam pedas. Hidangan ini sebenarnya berasal dari Malaysia dan telah menjadi populer di seluruh Asia Tenggara. Di Malaysia, hidangan ini dikenal sebagai "sambal sotong," yang terdiri dari cumi-cumi yang dimasak dalam saus sambal pedas.

Dalam beberapa tahun terakhir, sosis saus asam pedas telah menyebar popularitasnya ke Indonesia. Hidangan ini mendapatkan ketenaran karena kelezatannya yang unik dan perpaduan sempurna antara pedas, asam, dan manis. Resep sederhana dan bahan yang mudah didapat juga membuatnya menjadi pilihan favorit untuk dipersiapkan di rumah.

Bahan:
  • 5 buah sosis 
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus sambal
  • 1 sdt tepung maizena
  • secukupnya air
  • 3 siung bawang putih
  • secukupnya penyedap
  • 3 biji cabai rawit (sesuai selera)
Cara memasak:
  1. Bagi 1 buah sosis menjadi 4 bagian kemudian bentuk seperti bunga.
  2. Goreng sosis hingga berwarna kecoklatan dan mekar
  3. Kupas bawang putih kemudian cincang sampai halus
  4. Masak bawang putih sampai harum dan tambahkan saus tiram dan kecap asin
  5. Masukkan tepung maizena yang telah dilarutkan dengan air
  6. Tambahkan penyedap, saus tomat dan saus sambal kemudian tunggu sampai air mengental
  7. Setelah mengental masukkan sosis yang sebelumnya telah digoreng
  8. Koreksi rasa, kemudian siap disajikan

Untuk rasa yang lebih nikmat bisa ditambahkan bawang bombay (ditumis sebelum bawang putih), sayangnya aku jarang stok dan memang masak sosis saus asam pedas ini tanpa rencana. Meskipun bahannya minim tapi rasa lumayanlah hehehe. Oiya jangan lupa masukkin penyedapnya jangan langsung banyak karena takut terlalu asin. Kalau masih kurang asin bisa ditambah garam sesuai selera. Selamat mencoba ya. (Rahma).